Published On: Kam, Des 6th, 2012

UU Dikti Payungi Program Bidikmisi

Menteri Pedidikan Nasional, M Nuh menegaskan bahwa pihaknya telah mengupayakan agar program Bidikmisi masuk dalam Undang-undang Pendikan Tinggi. “Sehingga ada jaminan, siapapun nanti (Menteri) yang di Kementerian ini, harus taat dan tunduk pada UU Pendidikan Tinggi, bahwa 20 persen dari mahasiswa baru yang diterima di PTN, harus disiapkan dari anak kurang mampu,” tegas Nuh saat membuka Forum Bidikmisi Nasional 2012 .

Dengan telah disahkannya Undang-Undang No.12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, mahasiswa penerima Bidikmisi dan calon mahasiswa penerima Bidikmisi dapat bernafas lega mengenai keberlanjutan program ini. Meskipun kedepannya terjadi perubahan pimpinan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dengan UU Dikti sebagai landasan hukum, Program Bidikmisi dapat tetap dilanjutkan oleh kepemimpinan yang baru.

Dihadapan 500 mahasiswa penerima Program Bidikmisi berprestasi yang berasal dari seluruh Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia, Mendikbud mengungkapkan rasa bangganya akan prestasi-prestasi yang telah diraih para mahasiswa baik di bidang akademik maupun non akademik. “Anda-anda semua adalah berlian-berlian yang mulai nampak, bayangkan, IP-nya saja 4, jumlahnya juga luar biasa, ratusan,” ujar Mendikbud dengan bangga. Data tersebut telah membantah tesis berkembang yang selama ini di tengah masyarakat, bahwa keterbatasan ekonomi akan membuat masa depan tertutup.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Djoko Santoso dalam laporannya menyatakan bahwa hingga tahun 2012, jumlah mahasiswa penerima Bidikmisi mencapai 91.412 orang. 85 persen di antaranya memiliki IPK di atas 2,75 . Adapun Forum Bidikmisi 2012 ini dihadiri 146 orang mahasiswa dengan IPK 4.0, 278 orang mahasiswa yatim piatu dengan IPK 3,6, 14 orang mahasiswa dengan bakat luar biasa di bidang seni, olahraga, pengembangan sains, menulis, dan pemenang kompetisi di tingkat nasional dan internasional, serta 41 orang mahasiswa dengan IPK tertinggi diluar kriteria di atas. Selain itu Forum ini juga mengadirkan 6 orang mahasiswa afirmasi dari Papua.

Forum Bidikmisi Nasional 2012 berlangsung selama empat hari, pada 5 – 8 Desember 2012. Pembukaannya berlangsung pada Rabu malam (5/12), di Gedung D Kemdikbud, Jakarta oleh Mendikbud Mohammad Nuh dengan didampingi Dirjen Dikti Djoko Santoso. Forum ini juga dihadiri juga oleh pejabat eselon I dan II di lingkungan Ditjen Dikti dan Kemdikbud, rektor-rektor PTN serta perwakilan perusahaan yang mendukung program Bidikmisi.(kemdiknas.go.id)

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


+ 8 = dua belas