Published On: Sen, Jan 28th, 2013

Rekrut GBD Baru

butuh-guruARGA MAKMUR, BE - Terkait tes CPNS yang kemungkinan tidak terealisasikan akibat terbentur belanja pegawai. Bupati Bengkulu Utara Dr H  Imron Rosyadi MSi mengakui kebutuhan untuk tenaga pendidikan masih sangat kurang. Untuk mengantisipasi kekurangan itu, rencananya pemkab akan melakukan perekrutan guru bantu daerah (GBD).”Meski saat ini sudah ada ratusan GBD, akan kembali kita rekrut untuk ditempatkan di sekolah yang berada dipelosok sesuai dengan bidangnya masing-masing,” jelas Imron.

Selain itu, bupati meminta Diknas segera melakukan pendataan dan menganalisa untuk kebutuhan tenaga pendidik sesuai kebutuhan sekolah melalui kepala sekolah masing-masing. Hal itu untuk mengetahui jumlah kebutuhannya sehingga pemerintah bisa menetapkan berapa GBD baru yang akan direkrut.”Data kekurangan guru sangat penting. Selain itu jika ada yang malas segera ditindak, bila perlu dipecat jika tidak menjalankan tugasnya,” tegas Imron.

Terpisah, Kadis Dikbud, Haryadi SPd MM membenarkan kekurangan guru di beberapa sekolah terutama di daerah pelosok. Hal itu berdasarkan laporan dari masyarakat termasuk halnya ketidak aktifan guru yang ditempatkan di sekolah itu. Alasannya cukup beragam mulai jarak tempuh dan lokasi yang terkadang tidak bisa dicapai saat musim hujan.

Adanya tambahan GBD dapat membantu setiap sekolah dalam melaksanakan tanggung jawab sekolah sehingga tidak ada alasan lagi terkait kekurangan guru, “Apa lagi saat ini RSBI sudah dihapuskan. Jadi kita minta setiap sekolah tetap tingkatkan mutu. Jangan mentang-mentang tidak ada RSBI lagi tidak terpacu untuk terus tingkatkan mutu pendidikan sehingga berfikir setiap mutu sekolah sama,” tandas Haryadi. (117)

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


satu × = 2