Published On: Jum, Feb 8th, 2013

SMA AASB Tutup Total

CIMG0338SMA Swasta AASB yang telah eksis selama 29 tahun menjadi salah satu sekolah pilihan masyarakat, akhirnya ditahun 2013 ini tutup total alias tidak beroperasi lagi. Terakhir sekolah ini beroperasi pada Bulan Juli tahun lalu 2012 lalu. Sekolah ini terpaksa bubar karena berbagai faktor baik akibat masalah internal maupun ekseternal.

Faktor itu antara lain, sejak tahun ajaran 1999/2000 siswa disekolah ini banyak yang pindah. Mereka lebih memilih bersekolah ditempat yang lain baik swasta maupun negeri, sehingga sekolah inipun kekurangan siswa. Faktor lainnya Yayasan Semarak yang menaungi sekolah ini tak menginginkan SMA AASB berjalan lagi.

Drs.Adnin Kepala Sekolah SMA AASB terakhir periode tahun 2011-2012 saat diwawancarai BE membenarkan sekolah yang ia pimpin itu kini sudah tutup. ”Sekolah kami sejak beberapa tahun terakhir selalu kekurangan siswa, dan pihak Yayasan pun tidak mau sekolah ini berlanjut lagi, hingga sekolah ini pun ditutup total.”

Dijelaskan Adnin, pada tahun ajaran 1999/2000 siswa disekolah ini banyak yang pindah. Jumlahnya siswa yang pindah semakin banyak beberapa tahun terakhir. Akibatnya siswa siswa disini tinggal 65 siswa saja, terdiri dari 2 kelas.  Kondisi ini membuat Yayasan Semarak Bengkulu selaku pemilik sekolah ini tidak menginginkan SMA AASB berlanjut lagi.

Akhirnya sekolah ini hanya  mengantarkan siswa terakhirnya sebanyak 12 orang mengikuti Ujian Nasional (UN), terdiri 8 siswa laki-laki dan 4 perempuan. Hasil UN itu 1 orang siswa tidak lulus.

Adnin cukup menyayangkan tutupnya SMA AASB ini. Padahal sebelumnya sekolah ini sempat berjaya. Sempat memiliki 200 siswa pada tahun 1988/1989. Siswa itu dibagi dalam 5 Kelas. Rata-rata siswa itu berasal dari luar kabupaten seperti dari,Lintang Empat Lawang, Bengkulu Selatan, dan seputar daerah Pasemah Pagar Alam.

Sekolah ini berdiri pada tahun 1983 sampai 2012 lalu. Sekolah ini pernah dipimpin oleh 2 kepala sekolah, yakni Drs.Hudari Hamid (1985 sampai 2011) dan Drs.Adnin (2011 sampai 2012). Selama ini para siswa AASB telah mampu meraih prestasi gemilang dan meluluskan siswanya keperguruan tinggi baik negeri maupun swasta.

Adapun prestasi yang pernah diraih dibidang non akademik, antara lain, Olahraga Voli, selalu juara sejak tahun 1985 sampai 1986. Sekolah ini pun sempat punya Drumband, pernah mendapat juara III tingkat SMA se-Kota Bengkulu. Untuk bidang akademiknya hampir setiap tahunya tingkat rata-rata kelulusannya 100 persen. (Cw3)

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


tiga − = 2