Published On: Sel, Feb 26th, 2013

3 Sekawan Juara Robot

Fota siswa Alam Bengkulu MahiraBENGKULU,BE- Untuk pertama kalinya pelajar SD Alam Bengkulu Mahira mengukir prestasi menjadi juara dalam olimpiade robot Bengkulu. Gelar  juara ini diraih oleh tiga sekawan pelajar SD Alam Mahira Edo Febriansyah (11) kelas 5 A, M. Fachri Darya (11)  kelas 5 A, M. Farhan Alghifari (11) kelas 5 B.

Tiga pelajar cerdas yang membuat robot  berwujud mobil dengan berbagai keunggulan ini, mampu menyisihkan 3 peserta dari tim 4 sekolah lain yang mengikuti olimpiade serupa pada tanggal 22 – 24 Februari di Badan Lingkungan Hidup Provinsi kemarin ini.

“Ini prestasi yang membanggakan, karena ajang olimpiade robot pertama kali dilaksanakan di kota Bengkulu, persiapan sekitar dua hari dan waktu delapan jam untuk mengikuti lomba robot ini.” kata kepalah sekolah Nurtila Kencana, SP.

Atas kemenangan tersebut, rencananya SDIT Alam Bengkulu Mahira akan mengadakan Eskchool Robotic. “Dengan adanya eskchool ini anak-anak akan lebih berkembang, pintar karena potensi bisa menularkan kepada teman-teman yang lain khususnya anak Bengkulu,”ungkap Nurtila.

Endo menyebut persiapan dan pemahaman materi diberikan dua hari menjelang perlombaan robot ini. “Saya bertugas sebagai penjaga robot atau penunjuk jalan dan juga sebagai pengetesan robot sebelum lomba. Cita-cita saya ingin jadi pembalap dengan mobil karya sendri,”ungkapnya.

Edo memang sudah mengikuti bakat seorang ayah, ia pernah juara 1 empat kali  keriasi barang bekas tingkat SD. Sedangkan untuk Fachri bertugas untuk memprogram robot tersebut. “Ia lebih paham tentang rumus-rumus robot, sampai-sampai ia kelebihan memori robot tersebut,”ungkap Nurtila.

Peserta juara robot lainnyaFachri juga pernah mendapatkan juara 2 catur tingkat SD, Juara 2 da’i cilik tingkat SD, juara karate 2 karate tingkat SD, juara 1 musik barang bekas dan juara 1 keriasi barang bekas.

Sedangkan Farhan berfungsi sebagai entri program dari robot tersebut. “saya dari kecil memang sudah suka robot,”ungkap Farhan.
Berhasil memenangkan pertandingan robot bergengsi, ketiga siswa ini mengaku senang dan bangga. “Kami senang dan bangga, karena sudah memenangi juara robot ini,” kata Edo mewakali teman-temannya. (Cw5)

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


1 + = delapan