Published On: Rab, Mar 13th, 2013

PPDB Berdasarkan UN

psbBENGKULU, BE - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran baru 2013/2014 tetap dilaksanakan. Metode seleksinya dengan nilai Ujian Nasional (UN). Tentunya bagi siswa yang memiliki nilai UN tertinggi dapat lebih leluasa memilih sekolah yang diinginkannya.

 
“Insyallah, PPDB online tetap ada. Seleksinya akan tetap sama dengan berdasarkan nilai UN,” terang Sekretaris Dispendik Kota Bengkulu, Drs Anwar Baudin MPd.

 
Kebijakan ini diterapkan bukan untuk mengabaikan NA yang merupakan gabungan nilai UN dan US tersebut. Namun, karena ditahun-tahun sebelumnya, PPDB hanya berdasarkan nilai UN. Seperti yang diketahui, tahun ini dalam menyelenggarakan PPDB tetap menggunakan sistem  SIAP PPDB Real Time Online. Sistem ini adalah sebuah sistem yang dirancang untuk melakukan otomasi seleksi PPDB, mulai dari proses pendaftaran. Proses seleksi hingga pengumuman hasil seleksi, yang dilakukan secara online dan berbasis waktu nyata (realtime).

 
PSB online ini sangat effektif. Karena secara umum tujuan penerapannya untuk meningkatkan mutu layanan pendidikan, menciptakan sistem penerimaan siswa baru yang terintegrasi, akurat dan transparan. Juga melaksanakan penerimaan siswa baru dengan lebih praktis dan efisien. Menyediakan basis data sekolah yang akurat. Serta memberi fasilitas akses informasi bagi masyarakat dengan cepat, mudah dan akurat.

 
Sementara manfaat sistim online bagi Dispendik dan sekolah yaitu memberikan akses yang luas kepada masyarakat, meningkatkan reputasi sekolah, mengurangi resiko terjadinya KKN dan meningkatkan Sumber Daya Manusia dalam penguasaan Teknologi Informasi. Sedangkan bagi siswa dan orang tua adalah untuk mempermudah untuk mengikuti pendafaran siswa baru, mempermudah akses informasi penerimaan siswa baru, mendapat fasilitas dan pelayanan memuaskan dari pihak sekolah dan Dispendik, serta meningkatkan ketertiban kemudahan dalam proses penerimaan siswa baru.(128)

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


delapan − 7 =