Published On: Sel, Agu 13th, 2013

BOS SMA Tergantung PAS

BENGKULU, BE - Update jumlah siswa melalui Paket Aplikasi Sekolah (PAS) menjadi penentu besarnya Bantuan Operasional Sekolah (BOS) SMA yang bakal  dicairkan. BOS pada tingkatan ini dikucurkan oleh pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah (Ditjen Dikmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Republik Indonesia. Pencairannya langsung kerekening sekolah. Mulai tahun ajaran baru 2013/2014, siswa SMA/SMK menerima dana BOS sebesar Rp 1 juta/tahun/siswa.
“Jumlah ini meningkat delapan kali lipat dari tahun lalu. Sebelumnya rintisan BOS hanya Rp 125 ribu/ tahun setiap siswa,” ungkap Kabid Dikmen Dispendik Kota Bengkulu Gunawan Paggar Besi.
Untuk mendapatkannya, sekolah harus mengapload data individual sekolah ke pusat data online Ditjen Dikmen pada webside Http//203.171.221.242/sipo2 dengan menggunakan sofware PAS. Paket Aplikasi Sekolah Pendidikan Menengah Atas (disingkat: PAS-SMA). Yaitu piranti lunak sistem informasi manajemen pendidikan Menengah Atas untuk tingkat sekolah, yang secara khusus dirancang dan dibangun untuk dijalankan disetiap SMA yang ada di Indonesia.
“Data yang diupload itu menjadi dasar perhitungan dalam pemberian alokasi jumlah BOS periode juli-Desember persekolah. Apabila sekolah belum mengupload data tersebut maka dana BOS belum bisa dicairkan,” jelasnya. Oleh karena itu, pihak sekolah segeralah melakukan update data itu.
Sementara itu, Ditjen Dikmen telah mencairkan R-BOS tahap ke 3  untuk 9.484 siswa dari 20 SMA se-kota Bengkulu. Dengan total anggaran Rp 569,04 juta yang telah disalurkan kemasing-masing rekening sekolah. Diakuinya, R-BOS tahap terakhir untuk tahun ajaran 2011/2012 ini mengalami keterlambatan. Kendati demikian, pasca lebaran lalu bantuan ini telah cairkan untuk membayar seluruh kebutuhan sekolah.
“Silahkan dicek kerekeningnya, untuk pencairan ini belum mengalami peningkatan hanya sebesar 60 ribu persemester,” pungkasnya. (128)

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


9 × dua =