Published On: Sel, Sep 17th, 2013

PAUD Wajib Miliki NPSN

BENGKULU, BE - Guna memudahkan akses bagi lembaga Pendidikan Anak usia Dini (PAUD) untuk mendapatkan bantuan dana dari pemerintah. Dispendik Kota Bengkulu melakukan verifikasi pembuatan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN). Mengingat pemerintah mewajibkan seluruh PAUD memiliki NPSN. Adapun lembaga yang wajib memiliki NPSN meliputi TK, Kelompok Bermain, Tempat Penitipan Anak dan Satuan PAUD sejenis.
“Di Kota Bengkulu sudah ada 25 PAUD yang memiliki NPSN, Sedangkan sisanya 104 PAUD belum,” ungkap Kasi Pendidikan Luar Sekolah Dispendik Kota Bengkulu, Rustandi SE MM.
Sebanyak 25 PAUD yang telah memiliki NPSN ini dahulunya adalah TK yang saat ini telah terintegrasi kedalam lembaga PAUD. Sisanya lembaga PAUD yang baru berdiri dan belum memiliki NPSN. Lanjutnya, untuk memperoleh NPSN ini tidak sulit, hanya dengan mengisi format online yang telah disediakan secara bergiliran seluruh lembaga PAUD dapat melakukan pendaftaran. Syaratnya antara lain lembaga itu harus memiliki izin operasional.
“Saat ini kita sedang melakukan pendataan. Data ini diusulkan ke Ditjen PAUDNI untuk mendapatkan NPSN. Setelah nomor itu turun, Dispendik akan mengeluarkan sertifikat bagi lembaga itu,” terangnya.
Verifikasi pengusulan NPSN ini akan berakhir hingga 27 September mendatang. Batas penyerahan tersebut berlaku diseluruh Indonesia. Sejak dimulainya pendataan itu, dikatehui baru 30 format digital yang telah dikirimkan secara online. Mengingat pendataan ini dilakukan dengan online, maka lembaga yang ingin mendapatkan NPSN diharapkan untuk membawa fasilitas laptop sendiri.(128)

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


− 7 = nol